Elegi
Permintaan Si Murid Cerdas Kepada Guru Matematika
Oleh Marsigit.
Peresume : Afif Rizal
Menjadi seorang
pendidik merupakan pekerjaan yang sangat berat. Ketika seorang anak bertanya
kepada guru, maka mereka akan mengungkapkan semua hal yang dibutuhkan dan
diinginkannya ketika belajar. Keinginan seorang murid terkadang akan terasa
sangat berat bagi seorang guru. Menangani seorang murid saja merupakan
pekerjaan yang berat, apalagi jika terdapat banyak murid. Untuk dapat menjadi
pendidik yang baik, seorang guru harus dapat memberdayakan siswa. Hakekat
belajar itu adalah kebutuhan dan kesadaran siswa, bukanlah memenuhi
perintah-perintah dan kewajiban-kewajiban seorang guru. Belajar juga memerlukan
waktu yang lama atau merupakan jangka panjang, sehingga tidaklah seharunya guru
memberikan materi secara tergesa-gesa dan hanya memikirkan agar cepat selesai.
Guru juga harus menggunakan metode belajar yang menarik dan tidak menggunakan
metode ekspositori atau ceramah. Pada jaman sekarang, metode yang dikembangakan
haruslah metode yang bervariasi, dinamis dan fleksibel. Diskusi kelompok juga
diperlukan. Hal penting berikutnya yang harus diperhatikan guru adalah LKS. LKS
jangan hanya dijadikan kumpulan soal, karena LKS yang sebenarnya merupakan
wahana bagi siswa untuk beraktivitas untuk menemukann ilmu atau menemukan rumus
matematikannya. Guru harus mampu berubah demi kebaikan. Guru harus mengubah
paradigmanya menjadi yang lebih baik dan modern. Mengubah paradigma guru :
-dari transer of
knowledge menjadi to facilitate
-dari
directed-teaching menjadi less directed-teaching
-dari menekankan
kepada teaching menjadi menekankan kepada learning
-dari metode
tunggal menjadi metode jamak
-dari metode yang
monoton menjadi metode yang dinamis dan fleksibel
-dari textbook
oriented menjadi problem-based oriented
-dari UNAS
oriented menjadi process-product oriented
-dari cepat dan
tergesa-gesa menjadi sabar dan menunggu
-dari mewajibkan
menjadi menyadarkan
-dari tanya jawab
menjadi komunikasi dan interaksi
-dari otoriter
menjadi demokrasi
-dari
penyelesaian tunggal menjadi open-ended
-dari ceramah
menjadi diskusi
-dari klasikal
menjadi klasikal, kelompok besar, kelompok kecil dan individual
-dari guru
sebagai aktor menjadi siswa sebagai aktor
-dari berpusat
pada guru menjadi berpusat pada siswa
-dari mencetak
menjadi menembangkan
-dari guru
menanamkan konsep menjadi siswa membangun atau menemukan konsep
-dari motivasi
eksternal menjadi motivasi internal
-dari siswa
mendengarkan menjadi siswa berbicara
-dari siswa duduk
dan menunggu menjadi siswa beraktivitas
-dari siswa pasif
menjadi siswa aktif
-dari kapur dan
papan tulis saja menjadi media dan alat peraga
-dari abstrak
menjadi kongkrit
-dari inisiatif
guru menjadi inisiatif siswa
-dari contoh oleh
guru menjadi contoh oleh siswa
-dari penjelasan
oleh guru menjadi penjelasan oleh siswa
-dari kesimpulan
oleh guru menjadi kesimpulan oleh siswa
-dari
konvensional menuju teknologi
-dari siswa
diberitahu menjadi siswa mencari tahu
-dari hasil yang
tunggal menjadi hasil yang plural
1 comments - Skip ke Kotak Komentar
Welcome to the world's most amazing online casino site
Welcome to the world's most amazing online casino site. Play hundreds of classic 카지노 slots, live casino 메리트카지노 games, and more.New Slot Machines · New Casino Sites · Free Spins · Deposit Options 온카지노
Post a Comment