Resume Elegi Permintaan Si Murid Cerdas Kepada Guru Matematika

Elegi Permintaan Si Murid Cerdas Kepada Guru Matematika
Oleh Marsigit.

Peresume : Afif Rizal


Menjadi seorang pendidik merupakan pekerjaan yang sangat berat. Ketika seorang anak bertanya kepada guru, maka mereka akan mengungkapkan semua hal yang dibutuhkan dan diinginkannya ketika belajar. Keinginan seorang murid terkadang akan terasa sangat berat bagi seorang guru. Menangani seorang murid saja merupakan pekerjaan yang berat, apalagi jika terdapat banyak murid. Untuk dapat menjadi pendidik yang baik, seorang guru harus dapat memberdayakan siswa. Hakekat belajar itu adalah kebutuhan dan kesadaran siswa, bukanlah memenuhi perintah-perintah dan kewajiban-kewajiban seorang guru. Belajar juga memerlukan waktu yang lama atau merupakan jangka panjang, sehingga tidaklah seharunya guru memberikan materi secara tergesa-gesa dan hanya memikirkan agar cepat selesai. Guru juga harus menggunakan metode belajar yang menarik dan tidak menggunakan metode ekspositori atau ceramah. Pada jaman sekarang, metode yang dikembangakan haruslah metode yang bervariasi, dinamis dan fleksibel. Diskusi kelompok juga diperlukan. Hal penting berikutnya yang harus diperhatikan guru adalah LKS. LKS jangan hanya dijadikan kumpulan soal, karena LKS yang sebenarnya merupakan wahana bagi siswa untuk beraktivitas untuk menemukann ilmu atau menemukan rumus matematikannya. Guru harus mampu berubah demi kebaikan. Guru harus mengubah paradigmanya menjadi yang lebih baik dan modern. Mengubah paradigma guru :
-dari transer of knowledge menjadi to facilitate
-dari directed-teaching menjadi less directed-teaching
-dari menekankan kepada teaching menjadi menekankan kepada learning
-dari metode tunggal menjadi metode jamak
-dari metode yang monoton menjadi metode yang dinamis dan fleksibel
-dari textbook oriented menjadi problem-based oriented
-dari UNAS oriented menjadi process-product oriented
-dari cepat dan tergesa-gesa menjadi sabar dan menunggu
-dari mewajibkan menjadi menyadarkan
-dari tanya jawab menjadi komunikasi dan interaksi
-dari otoriter menjadi demokrasi
-dari penyelesaian tunggal menjadi open-ended
-dari ceramah menjadi diskusi
-dari klasikal menjadi klasikal, kelompok besar, kelompok kecil dan individual
-dari guru sebagai aktor menjadi siswa sebagai aktor
-dari berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa
-dari mencetak menjadi menembangkan
-dari guru menanamkan konsep menjadi siswa membangun atau menemukan konsep
-dari motivasi eksternal menjadi motivasi internal
-dari siswa mendengarkan menjadi siswa berbicara
-dari siswa duduk dan menunggu menjadi siswa beraktivitas
-dari siswa pasif menjadi siswa aktif
-dari kapur dan papan tulis saja menjadi media dan alat peraga
-dari abstrak menjadi kongkrit
-dari inisiatif guru menjadi inisiatif siswa
-dari contoh oleh guru menjadi contoh oleh siswa
-dari penjelasan oleh guru menjadi penjelasan oleh siswa
-dari kesimpulan oleh guru menjadi kesimpulan oleh siswa
-dari konvensional menuju teknologi
-dari siswa diberitahu menjadi siswa mencari tahu
-dari hasil yang tunggal menjadi hasil yang plural








1 comments - Skip ke Kotak Komentar

Anonymous said...

Welcome to the world's most amazing online casino site
Welcome to the world's most amazing online casino site. Play hundreds of classic 카지노 slots, live casino 메리트카지노 games, and more.‎New Slot Machines · ‎New Casino Sites · ‎Free Spins · ‎Deposit Options 온카지노

Post a Comment

Resume Elegi Permintaan Si Murid Cerdas Kepada Guru Matematika