Mata Kuliah : Methods of Mathematics Instruction
Dosen : Prof. Dr. Marsigit, M.A.
Kemampuan
pedagogis mahasiswa sangat berperan penting dalam proses belajar mengajar bagi
mahasiswa, agar dapat menyampaikan pendidikan dengan baik terhadap siswa didik.
Kemampuan tersebut dapat ditingkatkan dengan berbagai cara, seperti halnya
menelaah dan memahami proses pembelajaran inovatif pada sebuah video atau
melakukan simulasi pembelajaran dengan evaluasi dari Orang Berkompeten. Kedua
hal tersebut telah kami lakukan pada perkuliahan Methods of Mathematics Instruction pada satu bulan terakhir.
Presentasi video
pembelajaran inovatif membuat kami mengerti dan lebih memahami siswa. Apa yang
diinginkannya, apa yang dibutuhkannya, apa yang membuatnya tertarik dan
bagaimana cara mendidik dan membimbing mereka dengan benar. Dalam satu kelas,
kami dibagi ke dalam beberapa grup beranggotakan 5 orang, dan masing-masing
grup diberi sebuah video pembelajaran inovatif. Kami memahami video tersebut
dan mempresentasikan hasil pemahaman kami sehingga teman-teman yang lain pun
juga ikut paham. Di akhir presentasi, dibuka pertanyaan atau tanggapan.
Siapapun dapat mengajulan pertanyaan dan tanggapan sehingga perkuliahan
berjalan lebih inovatif. Dengan bimbingan dari dosen kami, Profesor Marsigit,
ilmu dan pengetahuan kami menjadi lebih matang.
Simulasi Pembelajaran
telah kami lakukan juga. Dalam kegiatan tersebut kami dibagi ke dalam beberapa
grup, dan tiap grup melakukan simulasi pembelajaran. Masing-masing anggota
memiliki beberapa tugas penting. Satu orang berperan sebagai guru pengajar dan
anggota lain berperan sebagai guru bantu. Teman-teman lain dalam kelas berperan
sebagai murid. Dalam simulasi pembelajaran ini, kami diharuskan menjadi tim
pengajar yang kreatif dan inovatif. Proses simulasi harus berjalan semenarik
mungkin dan senyata mungkin, dan kami harus bisa mengajarkan dengan benar,
mudah dipahami, dengan konsep yang benar, dan menarik bagi siswa. Berbagai
metode pun diterapkan dalam proses ini, seperti sciencetivic, problem solving, cooperatif learning, project base
learning, problem base learning, realistic mathematics education (RME), dan
masih banyak lagi yang lainnya. Setelah proses simulasi selesai, Profesor
Marsigit akan memberikan tanggapan, berkomentar, melakukan koreksi, evaluasi,
dan memberikan tambahan-tambahan agar ilmu kami benar dan kami dapat menjadi
pendidik seperti seharusnya. Dengan demikian, kemampuan pedagogis kami selaku
mahasiswa akan meningkat seiring dengan pembekalan-pembekalan yang diberikan
Profesor Dr. Marsigit. Terima kasih Bapak Marsigit.
0 comments:
Post a Comment